Wednesday, June 17, 2009

Sukses itu...

Banyak orang ingin sukses, saya juga ingin sukses seperti tokoh-tokoh yang sudah lebih dahulu sukses. Sebenarnya yang dinamakan sukses gimana sih? Apakah yang berhasil jadi pengusaha yang punya banyak perusahaan, banyak uang, mau apa tinggal bilang atau tinggal telpon..?

Dalam suatu acara talkshow di sebuah stasiun televisi, kebetulan saya melihat dan mendengar Tantowi Yahya, seorang presenter dan pembawa acara terkenal, memberikan pandangannya bahwa sukses pada diri seseorang adalah bertemunya kemampuan orang itu dengan kesempatan yang datang kepadanya. Orang yang punya kemampuan tapi nggak pernah dapat kesempatan, susah sekali untuk menjadi sukses, begitu juga sebaliknya.

Di kantor saya, waktu diadakan kegiatan untuk lebih memotivasi para marketing dalam berusaha, motivator memberikan arahan bahwa sukses bukanlah tujuan tetapi sukses adalah sebuah proses untuk meraih hal-hal sukses yang berikutnya, dan untuk menjadi sukses ada 5 prinsip yang harus diperhatikan yaitu:
  1. Attitude (sikap)
  2. Direction (tujuan, arah)
  3. Communication (komunikasi)
  4. Love (cinta)
  5. Knowledge/Skill (pengetahuan/keahlian)
Attitude
Ada pepatah mengatakan "Your attitude will determine yor altitude", sikap Anda akan menunjukkan tingkat pencapaian Anda.

Direction
Kalau tidak jelas arahnya kemana, kesuksesan juga bisa jadi nggak jelas.

Communication
Komunikasi yang kita lakukan dalam berinteraksi dengan orang lain harus jelas, jernih dan tepat tujuan.

Love
Pepatah mengatakan "Do more with love", kalau kita melakukan sesuatu dengan penuh cinta, tentu akan membuat kita lebih semangat, serius, tanpa kenal lelah sebelum berhasil.

Knowledge
Orang yang mengerjakan sesuatu hal tanpa pengetahuan dengan orang yang memiliki pengetahuan tentu hasilnya berbeda, untuk itu pengetahuan atau keahlian sangat membantu untuk berhasil.

Sekarang, silahkan ukur diri kita masing-masing, apakah kita sudah sukses? Atau seharusnya kita lebih sukses dari sekarang...?

0 comments:

Post a Comment